Pages

Selasa, 05 Januari 2010

strategi belajar

Strategi sering kita dengar sebagai sebuah cara atau metode yang digunakan untuk mencapai suatu tujuan. dewasa ini berbagai metode baru dalam meningkatkan mutu belajar pesrta didik. Perubahan paradigma lama tentang pendidikan menjadi paradigma baru pendidikan menjadi salah satunya.
Dulu siswa selalu berpatokan pada guru, menerima semua yang guru ajarkan tanpa adanya kreatifitas untuk mencari sumber ilmu yang lain. Akhirnya kegiatan belajar menjadi seperti kegiatan menabung. Sang guru mengisi dan murid menerima. Kegiatan satu arah yang kurang optimal. Sekarang semuanya banyak barubah. Sistem pembelajaran mulai menerapkan konsep student center tidak lagi teacher center. Guru pada konsep paradigma pendidikan baru, sebagai fasilitator murid dalam belajar. Guru dituntut untuk lebih kreatif dalam membangkitkan minat belajar siswa.

Perubahan itu memunculkan strategi belajar baru yang asalnya behavioristik menjadi konstruktivistik. Pada pembelajaran behavioristik, kegiatan belajar dilakukan lebih banyak dengan satu arah seperti yang telah disampaikan diatas. Pengetahuan cenderung bersifat rapi dan seragam, objektif dan pasti, kurang adanya kreativitas dalam belajar. Sedangkan pada strategi belajar konstruktivistik, lebih mengedepankan pemaknaan atas pengetahuan. Pengetahuan yang diberikan cenderung lebih kompleks, rumit, dan beragam, pengetahuan non-objektif dan senantiasa berubah.
Dengan sistem belajar baru yang lebih baik diharapkan output yang dihasilkan akan lebih baik dan lebih berkualitas. Strategi belajar baru lainnya akan diharapkan muncul untuk membantu memperbaiki sistem pendidikan untuj Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular posts

Iklan