Berangkat dari rumah sekitar pukul 20.00 WIB menuju Stasiun Gambir. Sampai Stasiun Gambir langsung menuju pool bus Damri jurusan Tanjung Karang. Bus Damri yang saya tumpangi berangkat tepat pukul 22.00 WIB. Tarif bus sampai Stasiun Tanjung Karang untuk kelas bisnis Rp. 135.000.
Bus Damri, Gambir - Tj Karang PP |
Singkat cerita sekitar pukul 07.30 WIB bus sampai di Stasiun Tanjung Karang. Belum sempat mandi, saya langsung check in dan menuju peron. KA S8 Rajabasa sudah menunggu dijalur 4. Saya duduk di K3AC-4 kursi 22E.
Stasiun Tanjung Karang |
Kereta diberangkatkan tepat pukul 08.30 WIB. Diawal perjalanan KA Rajabasa okupansi tidak terlalu penuh. Perjalanan kereta pun berjalan dengan lancar, walaupun harus berhenti di beberapa stasiun untuk "menunggu" Babaranjang maupun menaikkan penumpang.
Stasiun sepanjang perjalanan menuju Kotabumi |
Tercatat KA S8 Rajabasa melewati di stasiun:
Tanjung Karang 0830
Labuan Ratu 0836 ls x Babaranjang
Rejosari 0850-0853
Tegineneng 0904-0905
Rengas 0915-0916
Bekri 0925-0927
Haji Pemanggilan 0936-0938
Sulusuban 0946-0947
Blambang 0956-0957
Kalibalangan 1006 ls
Candi Mas 1020-1026 x Babaranjang
Kotabumi 1034-1046 x KRD Seminung
Stasiun Kotabumi |
Kursi sebelah saya 22D yang harusnya kosong, karena tadinya itu milik teman saya yang batal ikut dan tiket itu tidak direfund. Karena ada beberapa orang yang tidak dapat duduk maka kursi sebelah saya akhirnya saya tawarkan kepada seorang ibu yang membawa bayi.
Ditengah perjalanan karena perut yang belum diisi dari pagi akhirnya saya membeli nasi goreng seharga Rp. 15.000 dan sorenya beli lagi P*p M*e seharga Rp. 8.000. Kereta pun terus melaju dan berhenti dibeberapa stasiun masih untuk menaikkan penumpang.
Stasiun sepanjang perjalanan menuju Martapura |
Cempaka 1055-1056
Ketapang 1145-1155
Negara Ratu 1212-1215
Tulungbuyut 1228-1247 x Babaranjang
Negeri Agung 1302-1316 x Babaranjang
Bambangan Umpu 1334-1336
Giham 1350-1351
Tanjung Rajo 1356 ls
Way Tuba 1406-1408
Way Pisang 1426 ls
Martapura 1436-1443 x KA S7 Rajabasa
KMP KA S7 Rajabasa |
Semakin sore pemandangan sepanjang jalur semakin epic. Kereta berjalan ditengah perkebunan sawit dimana sepanjang mata memandang yang terhampar hanyalah warna hijau, hijau dan hijau. Dengan background langit warna jingga bersama bulatan matahari yang sudah malas menyinari.
Lepas Martapura KA masih seperti semula, sering berhenti, mungkin untuk mengalah pada KA pengangkut emas hitam. Tercatat KA Rajabasa melewati stasiun:
Gilas 1515 ls x Babaranjang, menyusul Babaranjang
Sepancar 1537 ls
Baturaja 1549-1559
Tiga Gajah 1605-1611
Blimbing Karya 1646 ls
Metur 1731-1732
Kotabaru 1744 ls
Pagargunung 1748-1751
??? 1800-1826 x Babaranjang, menyusul Babaranjang
Stasiun Baturaja dan Tiga Gajah |
Hari mulai gelap, tak ada lagi yang bisa dilihat diluar. Mata pun juga semakin berat, gara-gara malamnya susah tidur dikarenakan kedinginan di bus Damri. Akhirnya lepas silang "unik" kedua tersebut mata tak bisa kompromi, terlelap.
Saya terbangun sekitar pukul 20.30 WIB, tak tahu lokasi persis di stasiun mana. Hal ini karena sebagian besar stasiun disini tidak dilengkapi lampu pada plat namenya. Disini KA Rajabasa silang dengan KA S1 Sriwijaya dan KA S3 Sindang Marga. Hampir 1 jam KA Rajabasa berhenti disini, sampai akhirnya pukul 21.26 diberangkatkan kembali.
Tercatat pukul 21.42 WIB KA S8 Rajabasa mengakhiri perjalanannya di Stasiun Kertapati. Dengan kata lain telat hampir 3 1/5 jam dari jadwal yang tertera. Setelah membersihkan diri saya langsung meninggalkan stasiun untuk menuju pusat kota Palembang menggunakan ojek.
Stasiun Kertapati |
Disclaimer:
- Penunjukan waktu pada TR berdasar pada jam di handphone saya.
- Untuk singkatan stasiun bila belum paham bisa lihat di http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_stasiun_kereta_api_di_Indonesia#I
- Mohon maaf apabila ada kata-kata penulisan yang kurang berkenan.
Cerita di palembang sama baliknya kok gak ada gan ??
BalasHapusWah lama juga ya kalo naik kereta dari Lampung ke Palembang 13 jam, kalo naik bus umum berapa jam ya?
BalasHapus